solar panel

Solar Panel atap rumah merupakan suatu peralatan yang bekerja dengan mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Seperti yang kita ketahui, sinar matahari memiliki sifat abadi. Artinya, tidak akan habis setidaknya dalam waktu dekat ini. Sehingga, akan lebih baik jika dimanfaatkan sebagai sumber energi mengingat sumber energi lainnya cenderung bersifat sementara. Nah, solar panel atau panel surya ini adalah terobosan dimana Anda bisa memanfaatkan energi matahari yang besar untuk memenuhi kebutuhan listrik harian. Tentunya, ada berbagai manfaat yang didapatkan dari penggunaan solar panel atap rumah ini. Apa sajakah?

Tidak Membutuhkan Bahan Bakar

Energi listrik konvensional yang dikelola oleh PLN di negara kita masih menggunakan bahan bakar fossil. Sayangnya, bahan bakar fossil ini termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Dengan kata lain, penggunaan yang berlebihan secara terus menerus akan berdampak pada habisnya sumber daya tersebut.

Lain halnya jika Anda menggunakan panel surya ramah lingkungan. Satu-satunya sumber energi yang digunakan adalah energi matahari, tanpa adanya bahan bakar lainnya. Dengan demikian, penggunaan alat ini membantu lingkungan dengan tidak menggunakan bahan bakar fossil secara berlebihan.

Dapat Dipasang Dimana Saja

Idealnya, solar panel memang dipasang di atap rumah. Hal ini untuk memudahkan penampang alat untuk terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Barulah partikel-partikel yang ada pada penampang bereaksi dan menghasilkan arus listrik.

Namun jika kebetulan atap rumah Anda tidak terkena cahaya matahari, misalnya karena terhalang pohon besar, maka Anda bisa memasangnya dimana saja. Alat ini cukup fleksibel untuk dipindahkan di tempat yang paling sesuai. Pastikan untuk melakukan survey pada rumah Anda sendiri untuk mendapatkan spot terbaik.

Sentralisasi dan Desentralisasi

Panel surya ramah lingkungan dapat bekerja secara sentralisasi maupun desentralisasi. Sentralisasi artinya adalah dengan menggunakan 1 panel surya ramah lingkungan yang kemudian disalurkan ke tempat-tempat yang memerlukan. Sementara itu, desentralisasi berarti berdiri sendiri dan digunakan secara pribadi.

Ramah Lingkungan 

Inilah manfaat terpenting dari penggunaan solar panel atap rumah. Ya, sumber energi ini sangat ramah lingkungan. Selain tidak menghabiskan bahan bakar fossil, solar panel tidak menimbulkan polusi dan pencemaran, tidak berbau, serta tidak bising. Dengan kata lain, tidak ada dampak negatif sama sekali yang dihasilkan oleh alat ini pada lingkungan Anda.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *