ukuran solar panel

Umumnya, stiker yang menempel di bagian belakang panel surya berisi tentang informasi mengenai spesifikasi panel surya atau parameter pengoperasiannya. Dimana informasi tersebut bisa membantu perancang, teknisi, dan juga pemasang untuk menentukan cara mengkonfigurasi sistem modul surya.

Stiker spesifikasi panel surya tersebut akan memberitahu mengenai produksi daya listrik pada panel surya itu sendiri. Termasuk juga efisiensinya serta cara kerjanya dengan suhu yang berubah, dan informasi mekanis seperti misalnya dimensi dan beban angin.

Berikut ini adalah tips membaca spesifikasi panel surya yang perlu Anda pahami. Dengan memahami beberapa istilah yang ada di dalam panel surya, maka Anda akan lebih mudah dalam memasang dan juga merawatnya.

STC (Standard Test Condition) atau Kondisi Uji Standar

Agar perbandingan antar panel surya dapat dilakukan, kinerja semua panel surya akan ditentukan melalui serangkaian uji coba dengan berbagai kondisi yang disebut dengan STC. Dimana suhu sel sebesar 25 derajat Celcius dan radiasi 1000W/m2 dengan massa udara yakni 1,5[AM1.5] spectrum. Kondisi tersebut sangat tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata.

NOCT (Normal Operating Cell Temperature) atau Suhu Sel dalam Kinerja Normal

NOCT ini akan memberikan peringkat daya yang lebih rendah dari spesifikasi sebenarnya, namun lebih realistis. Sehingga, alih-alih mencantumkan rating 1000W/m2, NOCT akan menggunakan rating 800W/m2, yakni mendekati kondisi hari yang cukup cerah dengan sebaran awan.

Kondisi tersebut menggambarkan suhu udara 20 derajat Celcius, bukan suhu pada sel surya, dan memperhitungkan kecepatan angin 1m/s yang mendinginkan bagian belakang panel surya yang dipasang dengan kondisi miring.

Rating tersebut biasanya berlaku untuk panel konvensional yang berbingkai kaca atau aluminium yang dipasang miring di atas tanah atau atap. Tidak berlaku untuk panel surya yang diletakkan secara horizontal karena hal itu akan membuatnya lebih panas saat diterpa sinar matahari.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tips membaca spesifikasi panel surya yang perlu dipahami. Semoga informasi di atas dapat memberi pengetahuan baru untuk Anda yang ingin menggunakan panel surya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *