ukuran solar panel

Mengingat kebutuhan listrik yang terus meningkat belakangan ini, sedangkan layanan yang diberikan oleh pihak pemerintah dinilai masih kurang mencukupi. Membuat banyak orang berpikir untuk mencari alternatif kebutuhan listrik, jika terjadi sesuatu pada aliran listrik yang diberikan oleh pihak pemerintah. Salah satunya adalah dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah.

Tentang pembangkit listrik tenaga surya

Sebelum membahas lebih dalam tentang pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah. Ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu apa itu Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau yang kerap disebut dengan fotovoltaik / PV, tidak lain, sebuah pembangkit energy listrik yang mengkonversi energi dari sinar matahari, menjadi listrik. Kali ini menggunakan sebuah piranti semikonduktor yang diberi nama sel surya.

Hadirnya PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini dinilai tepat. Karena dapat memberikan solusi untuk menghadapi ancaman krisis listrik, yang kerap kali muncul. Selain itu, teknologi yang satu ini juga dinilai lebih ramah lingkungan.   

Penggunaannya pada rumah tangga

Yang menarik saat ini, PLTS tidak hanya dapat dimiliki oleh kalangan industri saja. Namun belakangan ini masyarakat pun dapat menggunakan produk PLTS tersebut.

Umumnya PLTS dengan panel solar tersebut, akan dipasang di atap rumah. Ini yang banyak terjadi di masyarakat perkotaan dan beberapa daerah tertentu, yang kerap kekurangan pasokan listrik.

Kelebihan menggunakan perangkat listrik yang satu ini, cukup banyak mulai dari proses pemasangan panel solar yang terbilang mudah, desainnya cukup sederhana, dan kapasitasnya, dapat disesuaikan dengan luas atap rumah Anda.

Apalagi seperti diketahui bersama, Indonesia termasuk negara tropis yang selalu memperoleh matahari. Artinya sumber daya matahari, terbilang cukup banyak, panel solar pun dapat terus Anda gunakan.

Satu lagi yang pastinya harus Anda pahami, bahwa produk yang satu ini terbilang awet. Dengan masa berlaku, sekitar 10 tahun atau bahkan lebih, tergantung pemakaian dan cara merawatnya.

Jadi  dari ulasan di atas dapat disimpulkan, bahwa bagi Anda yang saat ini merasa kebutuhan listriknya kurang, atau ingin mengantisipasi ketika pasokan listrik dari pemerintah terganggu, tidak ada salahnya jika mulai memanfaatkan pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah. Cara memasangnya yang terbilang mudah, dan pastinya awet digunakan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *