buku baca

Apabila Anda berniat untuk melakukan jasa print buku, atau cetak buku di percetakan, tentunya tidak bisa sembarangan, ada hal hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik, seperti :

  1. Desain cover

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan, yaitu desain cover atau tampilan halaman depan. Kali ini, Anda perlu memperhatikan mulai dari jenis jilid yang akan digunakan, yaitu soft cover, hard cover, spiral softcover, dan spiral hard cover.

Kemudian perhatikan juga jenis kertas seperti apa yang akan digunakan, untuk bagian cover tersebut. Apakah jenis kertas HVS, art paper, atau jenis kertas lainnya. Bagaimana pula dengan laminasi cover yang akan digunakan, apakah akan menggunakan laminasi doff atau laminasi glossy.

  1. Ukuran buku

Hal berikutnya yang juga perlu diperhatikan ketika akan menggunakan jasa print buku, yaitu ukurannya. Apakah Anda akan menggunakan buku dengan ukuran A4, atau yang lainya. Sebaiknya perhatikan hal ini sedari awal, agar kelak mempermudah penyusunan halaman, jumlah kertas yang akan digunakan, dan hal lainnya. 

Karena beberapa percetakan, ada yang mempunyai standar harga per halaman, dan ada da ujga yang membuat standar harga cetak per buku.

  1. Bahan buku

Perhatikan juga bahan buku yang akan digunakan, apakah akan menggunakan kertas HVS, book paper, kertas karton, atau jenis kertas lainnya. Pemilihan kertas yang tepat, pastinya akan memberikan hasil print yang jelas.

  1. Jumlah buku yang akan dicetak

Cari tahu juga jumlah buku yang akan dicetak. Beberapa jasa percetakan, ada yang memberikan layanan cetak secara satuan, namun ada juga yang menyediakan layanan cetak dengan jumlah minimal tertentu.

Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan dengan baik, berapa jumlah buku yang akan dicetak atau di print, lalu sesuaikan dengan kebutuhan.  

  1. Harga print

Hal terakhir yang juga perlu diperhatikan, yaitu harga print buku itu sendiri. Beberapa jasa percetakan, ada yang memberikan penawaran harga print per lembar, namun ada juga yang menyediakan harga per buku.

Untuk hal ini, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang Anda miliki. Pastikan budget yang sudah Anda siapkan sebelumnya pas, dan tidak mengalami over budgeting.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, ketika akan melakukan jasa print buku atau cetak buku di percetakan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *