ice flake

Anda pernah menemukan es batu dengan ukuran kecil-kecil? Biasanya es batu tersebut dibuat dengan mesin yang disebut dengan ice flake machine. Lebih jelasnya mesin ini banyak digunakan di Swalayan/Supermarket. Lantas bagaimana fungsi dan cara kerja dari mesin tersebut? 

Fungsi Komponen Ice Flake Machine 

Mesin dari pembuatan es ini terdapat 2 bagian pada kelompok sistem, yakni : 

  1. Water system. 
  2. Start up. 

Masing-masing brand mesin es mempunyai aksesoris komponen mesin yang beda-beda. Misalnya dalam komponen water system terdapat beberapa jenis mesin yang memakai elektroda dan selenoid untuk pengisian air. 

Ada juga yang memakai floating, tetapi cara kerja untuk memproduksi es kurang lebih serupa. Dengan komponen tersebut, ice machine mempunyai cara kerja yang unik. 

Cara Kerja dari Mesin Ice Flake 

Inilah proses kerja dari mesin es flake untuk menghasilkan es serpihan, yaitu : 

  1. Proses refrigerasi mempunyai kesamaan dengan mesin es tube, cube alias balok, gas dengan tekanan yang rendah.  Langsung masuk dalam pipa evaporator yang melingkari semua ruang tabung drum. Tabung drum es mempunyai double layer atau lapisan. 
  2. Kemudian bahan baku air akhirnya dipompa jadi bisa mengaliri seluruh tabung drum es di sisi permukaan. 
  3. Air yang mengalir pada permukaan tabung dengan cepat bisa berubah menjadi es yang mengitari semua permukaan tabung. 
  4. Sesudah es flake tersebut, kemudian pisau dalam mesin bisa memotong serta menghancurkan es flake yang menempel itu. 
  5. Es flake yang telah terpotong akan jatuh langsung ke dalam Bin/penampung es yang letaknya di bagian tabung drum es. 
  6. Akhir proses dari bahan baku air sampai mengubah es yang siap panen hanya membutuhkan waktu relatif singkat, 15-20 menit. 

Dalam proses pembuatan es tersebut. Daya yang diperlukan cukup rendah dan efisien yang dimulai dari kapasitas produksi 500 kg setiap harinya. 

Hal ini memerlukan daya kurang lebih 2,34 KW saja. Pilihan dari kompresor yang dipakai bisa menyesuaikan keperluan beberapa diantaranya termasuk merek besar dari pabrikan.

Penggunaan Mesin Es Flake 

Mesin Ice Flake adalah mesin yang sering digunakan/dipakai di Swalayan/Supermarket. Biasanya digunakan untuk mengawetkan aneka macam frozen food, daging, juga ikan. 

Perusahaan yang bergerak dalam bidang perikanan, misalnya produk tuna kemasan kaleng juga memerlukan es. Jadi, mesin ini berguna untuk mengawetkan tuna hasil tangkapan nelayan yang belum diproses. Maksudnya yang belum masuk proses pengolahan ikan selanjutnya. 

Bagi Anda yang mempunyai usaha pemasok/juragan ikan. Tentu memerlukan es untuk selalu menjaga kesegaran ikan saat dalam satu hari ketika ikan belum terjual habis. 

Proses penyimpanan ikan harus tersimpan pada suhu rendah supaya keesokan harinya tekstur serta kesehatan ikan masih tersimpan dengan baik.

Demikianlah informasi tentang Ice Flake Machine berkaitan tentang komponen, fungsi, dan penggunaannya. Bagi Anda yang memerlukan mesin ini, silakan beli pada lokasi penjualan yang terpercaya. Jadi, produk yang dibeli juga berkualitas. Semoga bermanfaat. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *