solar panel

Adakah disini yang belum pasang panel surya di rumah? Sebagai langkah awal pelestarian lingkungan dan bumi, penggunaan energi surya kini lebih disarankan dalam memenuhi kebutuhan energi listrik harian yang lebih murah.

Meski penggunaannya masih jarang dan awam bagi sebagian orang. Mari mengenal jenis-jenisnya dan cara kerja panel surya.

Jenis-jenis Panel Surya

  1. Thin film solar cell

Sesuai namanya “thin film”, panel ini menerapkan sel surya amat tipis berukuran kurang lebih 10 nm. Ukurannya jauh lebih tipis dibandingkan jenis crystalline silicone (200-300 nm). 

Lapisan tersebut akan direkatkan pada permukaan plastik, kaca, maupun metal. Karena tipis, panel ini sangat ringan juga fleksibel, serta tahan akan temperatur tinggi.

  1. Monocrystalline silicon

Tipe satu ini paling umum digunakan sebab punya daya tahan lama. Terbuat dari bahan kristal silikon murni, sel surya ini juga menggunakan silikon kristal tunggal.

Efisiensinya mencapai di atas 20%, sehingga dapat mengkonversi energi lebih baik. Jenis panel ini punya harga lebih mahal karena kualitasnya lebih baik.

  1. Polycrystalline silicon

Diproduksi dari peleburan batang kristal silikon yang dituang ke dalam cetakan. Panel ini punya tampilan lebih rapi dan rapat. Meski begitu, panel tersebut juga memiliki keunikan tersendiri pada retakan dalam sel surya.

Efisiensinya yang mencapai 17% pun cukup digunakan banyak orang karena harganya lebih terjangkau.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Lalu, bagaimanakah cara kerja dari panel tersebut? Berikut cara atau prinsip kerja yang perlu anda ketahui :

  • Panel akan mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik.
  • Inverter pun merubah listrik yang telah dihasilkan panel, dari arus DC (searah) menjadi AC (bolak-balik).
  • Energi siap memberi daya pada perangkat elektronik.

Demikianlah jenis-jenis dan cara kerja dari teknologi panel surya. Kehadiran teknologi yang diteliti hingga 115 tahun ini akhirnya dapat digunakan dan siap menjaga bumi dari kerusakan parah.

Semoga anda tertarik pasang panel surya di rumah agar segera turut merasakan sederet manfaat baik dalam pemenuhan energi listrik sehari-hari.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *